Cara Install OSU versi Lazer di Linux 64bit Tanpa Wine 100% Work 2019

Cara Install OSU versi Lazer di Linux 64bit Tanpa Wine 100% Work 2019

osu! adalah permainan video ritme gratis berbasis musik yang dikembangkan oleh Dean Herbert. Game Osu merupakan game yang hanya tersedia official di windows saja. Namun karena banyak user MacOS dan Linux yang ingin memainkan game ini, akhirnya developer pun membuat game ini menjadi OpenSource dengan nama Osu!Lazer dan dapat di build sendiri dengan Dot Net Core SDK. Jadi Disini saya akan menjelaskan bagaimana Cara Install OSU versi Lazer di Linux 64bit Tanpa Wine 100% Work 2019.

Pre Requirement Build Osu!Lazer di Linux

Pertama yang harus kamu lakukan sebelum installasi adalah pemeriksaan pre requirements terlebih dahulu. Cuma satu kok yang diwajibkan untuk diinstall, yaitu adalah ffmpeg system-wide installation. Untuk menginstall ffmpeg tidak semua distro Linux support.

Yang dimaksud ffmpeg system-wide adalah kalian menginstall paket ffmpeg melalui manajemen paket seperti apt-get yum dnf,dll atau mencompile dan menginstall sendiri.

Baca juga : 5 Anime Thriller Terbaik Versi IT-CLAX Yang Wajib Kamu Tonton.

Untuk penginstalan ffmpeg sebaiknya kalian cari tutorial nya di google saja sesuai distro kalian, jika memang distro kalian tidak ada yang menyediakan ffmpeg kalian bisa mencompile nya secara manual. Untuk mengecek apakah ffmpeg sudah terinstall atau belum, kamu bisa mengetikan ffmpeg di terminal, jika perintah ditemukan berarti sudah terinstall di system-wide.

Baiklah jika ffmpeg sudah terinstall secara system-wide mari kita lanjutkan ke cara instal OSU Lazer nya.

Langkah Install Osu !Lazer di Linux

Pertama, kalian silahkan buka Buka https://github.com/ppy/osu/releases dan download paket rilisan Osu!Lazer yang ber ekstensi .tar.gz atau bisa disebut source code yang sudah di rilis, jangan melakukan git clone ke repository yang belum rilis karena banyak bug.

https://github.com/ppy/osu/releases

Setelah terdownload, silahkan ekstrak paket .tar.gz tadi yang di download pada home folder kalian, dan nanti akan ada folder dengan nama osu-2019.814.0 atau osu(release-date), kalian cd saja ke folder tersebut setelah mengekstrak nya melalui terminal linux kalian. Nama folder osu akan sesuai dengan tanggal rilis yang kalian download. Perintan ekstraknya adalah :

yuyun@SteinsGate:~$ tar zxvf osu-2019.814.0.tar.gz

Kedua silahkan buka https://dotnet.microsoft.com/download/dotnet-core/2.2 dan download lah dotnet-sdk for linux yang versi x64, file yang kalian download akan berekstensi .tar.gz

https://dotnet.microsoft.com/download/dotnet-core/2.2

Silahkan pindahkan file dotnet core SDK.tar.gz yang di download tadi ke folder osu hasil ekstrak an tadi. Kemudian silahkan ekstrak dotnet.tar.gz. Perintah ekstrak nya sama yaitu adalah :

yuyun@SteinsGate:~/osu-2019.814.0$ tar zxvf dotnet-sdk-2.2.401-linux-x64.tar.gz

Setelah semua langkah diatas sudah selesai, sekarang waktunya kita jalankan aplikasi nya dengan perintah :
yuyun@SteinsGate:~/osu-2019.814.0$ LD_LIBRARY_PATH="$(pwd)/osu.Desktop/bin/Release/`grep TargetFramework osu.Desktop/osu.Desktop.csproj | sed -r 's/.*>(.*)<\/.*/\1/'`" $(pwd)/dotnet/dotnet run --project osu.Desktop -c Release

Preview Osu di Linux

Kalian hanya bisa menjalankan kode diatas terminal hanya pada saat terminal ada di (cd) folder osu hasil ekstrakan yang di download tadi.

Seharusnya Osu!Lazer sudah bisa berjalan dengan baik, jika kamu menemui kendala saat install osu di linux, silahkan komen saja, atau bisa japri Whatsapp atau Facebook admin.

Tinggalkan Balasan