Cara Mencari Keyword Yang Banyak Dicari

Cara Mencari Keyword Yang Banyak Dicari

Keyword merupakan inti dari sebuah artikel. Selain menjadi inti utama, keyword juga merupakan titik acuan kita dalam menulis artikel. Keyword juga merupakan pengaruh utama ramai dan tidaknya blog atau situs web milik kita. Jadi mau tidak mau kita harus cara mencari keyword yang banyak dicari di search engine, terutama di Google.

Sebenarnya untuk mengetahui apakah keyword yang akan kita pasang akan ada pengunjung atau tidak itu mudah.

Kita tidak memerlukan yang namanya tool seperti keyword planner, ubersuggesr, keyword research dan lain lain.

Yang kita perlukan untuk mencari keyword yang banyak dicari hanyalah google.com.

Kenapa hanya google.com ?

Saran dari Google.com Sudah Merupakan Keyword

Lihat contoh gambar dibawah ini :

suggest atau saran keyword dari google.com
Saran keyword dari Google.com

Jadi gini, jika kalian mengetikan sebuah kata kemudian muncul saran dari google, berarti kata lanjutan itu merupakan salah satu kata yang banyak dicari.

Wajib Pintar Memilah Keyword Yang Persaingannya Tinggi

Setelah kalian mencoba saran keyword dari google.com, jangan berfikir “Jika saya menggunakan ini sebagai keyword, artikel saya akan banyak pengunjung”.

Ingatlah dalam menggunakan keyword pasti akan ada saingannya. Yang perlu kita lakukan terpenting adalah membuat situs kita page one, syukur-syukur bisa rank one #1.

Untuk situs sekelas personal blogger seperti kita, jangan menggunakan keyword, yang hasil di penelusurannya merupakan situs besar, apalagi Tribun, gaada obat men buat nyingkirinnya.

keyword yang banyak dicari- persaingan susah
Situs populer tidak bisa disingkirkan hanya dengan bermodal keyword

Jadi walaupun kita mendapatkan keyword yang banyak dicari oleh orang lain di Google, tapi di hasil pencarian hasil yang muncul situs-situs besar, mau tidak mau kita harus muncur.

Memang banyak yang mencari keyword itu, tapi yang utama adalah mereka mencari situs yang menggunakan keyword itu di halaman paling depan, alias page one in SERP (Search Engine Result Page).

jadi Sekarang bagaimana ?

Gunakan Keyword Yang Hasil SERP nya Bukan Situs Besar

Coba cari lagi hingga kalian tidak menemukan situs besar dan terkenal yang tampil di hasil pencarian Google alias Google SERP.

Sebagai contohnya adalah keyword untuk artikel yang saya tulis ini yaitu “Cara Mencari Keyword Yang Banyak Dicari”.

keyword yang banyak dicari- persaingan mudah
Hasil keyword di SERP menunjukan situs yang tidak populer

Yang muncul di hasil bukanlah situs-situs populer dan terkenal. Jadi saya akan memutuskan untuk berani mengambil keyword ini di artikel yang akan saya buat, dan saya yakin akan bisa mengalahkan mereka dalam SERP one.

Masak Keyword Dengan Bumbu SEO

Setelah saya mengambil keyword tersebut, saya langsung menulis artikel ini dengan menggunakan beberapa tehnik yang mainstream alias yang biasa digunakan para blogger, yaitu :

  • Letakan salah satu kata atau semua kata di dalam keyword di judul artikel, lihat judul saya (semua kata).
  • Letakan keyword di paragraf pertama (pastikan dapat dibaca, tidak hanya asal memasukan), sekarang coba lihat paragraf pertama saya.
  • Gunakan alt parameter di gambarnya, coba kalian arahkan pointer kalian ke gambar paling atas (featured image).
  • Fokus menyebarkan bagian dari kata keyword milikmu ke beberapa kalimat, perhatikan keyword saya terdiri dari 6 kata. Cobalah memasukan salah satu ke 6 kata tersebut dalam beberapa kalimat dan pastikan 6 kata tersebut tersebar di beberapa kalimat.
  • Jika tadi diletakan keyword di paragraf pertama, sekarang coba lihat paragraf terakhir saya dan pastikan bisa dibaca.
  • Tulislah dengan menggunakan 300 kata atau lebih, syukur-syukur bisa melebihi jumlah kata si #1 (Ranking satu di SERP).
  • Pastikan keyword kalian letakan di meta desktipsi.
  • yang terakhir cek apakah artikel saya ada di page one jika kalian mengetikan keyword saya (long tail keyword).
  • Dan lainnya bisa kalian cari di Google, dikarenakan saya pakai cara yang mainstream.

Jika keyword itu merupakan rejeki kalian, visitor gak akan kemana. Dan juga jangna bermimpi jika artikel kalian tidak bisa dipahami dengan jelas berharap jika artikel kalian tidak tampil di page one.

Siapa juga orang yang mau membaca kalimat yang sulit dimengerti? Google sudah pintar untuk memfilternya.

Kuncinya adalah, jika keyword saingannya mudah, dengan artikel yang berkualitas dan bisa dibaca dan dipahami orang lain (bukan mesin) artikel kalian akan dapat peringkat nomor 1 di Google SERP.

Otomatis jika visitor mencari keyword tersebut, mereka akan mengeklik yang paling atas, dan itu sudah mengalir sendiri seperti air.

END – Baca juga : Membuat Usaha Percetakan Dengan Modal 100K Kurang.

Inti sekaligus ringkasan tutorial singkat dari penjelasan diatas adalah setelah kalian mendapatkan keyword yang banyak dicari orang, pastikan saat hasil pencarian dari keywoard tersebut hasil SERP nya bukan situs-situs besar dan populer.

Jika sudah menemukan keywordnya, langsung kalian buat artikel dengan ketentuan SEO diatas.

Semoga artikel saya tentang ini bermanfaat. Jika ada salah kata, penjelasan ataupun lainnya, saya mohon maaf dan jangan lupa berkomentar agar saya membetulkannya. Sampai jumpa 😀

Tinggalkan Balasan