Layar Sentuh Xiaomi Redmi 3s Tidak Berfungsi

Layar Sentuh Xiaomi Redmi 3s Tidak Berfungsi

Layar sentuh alias TC (Touch Screen / Layar Sentuh) merupakan bagian vital dari smartphone redmi 3s dan hp lainnya. Yang akan saya bahas disini merupakan masalah pada layar pada perangkat yang spesifik yaitu saya khususkan redmi 3s Masalah yang sering dihadapi adalah layar sentuh xiaomi redmi 3 3S 3X tidak berfungsi.

Tanpa TC kita tidak bisa berinteraksi dengan smartphone kita. Karena kita bisa berkomunikasi dengan smartphone hanya dengan sentuhan dan tombol volume serta power.

Sebelum ke cara memperbaikinya, kita perlu mengetahui apa penyebab tidak berfungsi nya touchscreen redmi 3s, apalagi secara tiba-tiba.

Penyebab Layar Sentuh Xiaomi Redmi 3s Tidak Berfungsi

Layar pada smartphone terbagi menjadi 2, yaitu TC (touch screen / Layar Sentuh) dan LCD (layar yang berwarna). TC berada di depan LCD, dan TC adalah lapisan yang bersentuhan dengan kulit kita.

Saya mengalami kerusakan TC ketika saya sedang nyinom 12 jam full dan hp saya letakan pada kantongan saku celana yang agak ketat. Jadi tidak bisa disentuhnya layar TC redmi 3s saya karena terdempet oleh saku celana yang ketat ini.

Saat saya bertanya kepada ahlinya hardware HP, teman saya sendiri, dia mengatakan ada beberapa hal yang menyebabkan layar sentuh pada smartphone tidak bisa disentuh alias tidak berfungsi. Dia bilang beda hp beda ketahanan, yang saya tanyakan pada dia adalah penyebab redmi 3s saya layarnya tidak bisa disentuh.

Dia bilang, penyebab utamanya rata-rata adalah jatuh dan rusak maupun pecah serta terkena air masuk. Saya pun bertanya lagi, jika mati secara tiba tiba itu kenapa? Dia pun menjawab ada beberapa hal, antara lain:

  • Terkena himpitan celana
  • terjadinya human error(ngamuk pas kalah ngegame tau sendiri lah).
  • Saat hp panas pas ngegame atau aktivitas lainnya, kita beri air atau es agar dingin. Ini juga merupakan kesalahan, btw ini yang sering saya lakukan, namun pas matinya di celana.
  • HP terlalu overheat atau panas, di dalam lcd ada semacam liquid, jika hp terlalu overheat melebihi batas maksimum, liquid ini bisa cair dan mengenai bagian TC, tapi kebanyakan pada khasus ini LCD juga ikut tidak berfungsi.
  • Terkena hantaman terutama pada saat jatuh, walaupun tidak pecah.

Sebelumnya kondisi smartphone redmi 3s saya pada saat pertama COD mengalami bezel cuil di sisi kanan bawah.
layar sentuh juga kadang death rentang beberapa jam menyala atau terkena senruhan ekstreme. Mungkin hal itu merupakan stadium awal bahwa ada yang salah dengan TC saya, dan stadium akhir kerusakan terjadi pada saat saya nyinom dan memasukan redmi 3s saya ke celana ketat berjam-jam serta terkena penyebab lainnya saat didalam celana, karena di saku celana juga agak lembab kena keringat.

Cara Mengatasi Layar Sentuh Xiaomi Redmi 3s Tidak Berfungsi

Setelah mengetahui full penyebab Layar Sentuh Xiaomi Redmi 3s Tidak Berfungsi alias TC tidak bisa disentuh, waktunya untuk cara mengatasinya.

Gunakan Pemantik Korek Api

Dari pengalaman saya menggunakan redmi 3s, saat saya mengalami tiba-tiba layar sentuh mati. Saya mencoba menggunakan pemantek api yang memiliki kemampuan untuk membuat pentekan yang dipercaya bisa untuk memicu layar yang sebagian sentuhannya mati bisa disentuh lagi.

Setelah saya pantik, hasilnya berhasil. Namun itu tidak bertahan lama, selang beberapa jam, tombol navigasi saya mati total. Btw tombol navigasi itu satu sirkuit dengan TC (Touch Screen).

Alhasil saya pun menggunakan navigasi bar untuk mengakali tombol navigasi redmi 3s saya karena mati semua, tidak ada efek saat di pencet. Selang beberapa minggu setelah kerusakan, TC pun menyebar hingga ke layar, karena 1 sirkuit.

Mengganti TC dan LCD Fulset

Benar kata teman saya, jika ada masalah pada TC (termasuk tombol navigasi) walaupun ringan memang harus cepat diganti. Dikarenakan akan menimbulkan masalah yang lebih besar lagi.

Ganti Sendiri

Satu-satunya cara untuk memperbaikinya hanyalah dengan mengganti LCD dan TC dari redmi 3 3S dan 3x ini. Jika kalian memiliki niat besar untuk tidak keluar biaya lebih, kalian bisa membeli 1set LCD+TC Redmi 3s di online shop dan memasangnya sendiri.

Jangan takut mencoba, karena ini gampang saya jamin. Saya belum pernah membongkar HP saja bisa menggantinya sendiri. Jika memang stuck saat membongkar kalian bisa ke konter untuk memasangkannya, karena membawa sparepart sendiri, tentu harganya makin murah, paling sekitar 50-100 ribuan.

Untuk tutorial membongkar kalian bisa lihat video berikut atau kalian bisa cari sendiri tutorialnya sesuka kalian di Youtube.

Ganti di Konter

Jika kalian malasan dan takut banget, pengen benerin ke konter, silahkan saja. Tapi ingat satu hal, jika konter menawarkan untuk mengganti TC saja, LANGSUNG TOLAK. Kalian harus minta 1 set penggantian, karena akan timbul masalah jika kalian hanya mengganti TC saja.

Masalahnya adalah dimana ketika konter hanya mengganti TC, dia akan melepas TC dari LCD, dimana ketika proses pelepasan dan pemasangan kembali tidak akan bisa sempurna. Saya jamin 70% kalian akan mengalami masalah lain pada layar saat mengganti TC saja.

JANGAN LUPA PERHATIKAN HARGA

Jika konter menggetok kalian dengan harga lebih dari 250 kalian harus meninggalkan konter itu. Terlalu mahal untuk penggantian satu set LCD+TC Redmi 3 3x 3s dengan harga segitu.

Harga 1 Set LCD TC redmi 3 hanya sekitar 160 ribu. Jasa penggantian semudah itu maksimal 100 ribu. Saya saja sempat tergetok harga 450 ribu. Cih harga apaan segitu, ga guna banget deh pokoknya, benerin di service kecil-kecil an aja cuma 220 ribu.

END – Baca juga : Membuat Usaha Percetakan Dengan Modal 100K Kurang.

Baiklah sedikit informasi ini yang dapat saya sampaikan. Selalu ingat pesan saya, jika ada kejanggalan pada layar sentuh, tombol navigasi, maupun LCD harus cepat diganti. Jika tidak akan bisa menyebar ke bagian lainnya.

Kata teman saya yang bekerja sebagai konter, TC dan LCD redmi 3s ORI dan yang SparePart lebih awetan yang SparePart gan.

Ganti LCD sendiri itu gampang hanya butuh korek, obeng, lem layar, bensin untuk membuka baterai agar gampang dan mika untuk membuka frame LCD.

Untuk Harga LCD + TC redmi 3 3S 3X hanya 160an paling mahal. Untuk biaya pemasangan maksimal normalnya 100k. Jika totalnya lebih dari 250-260 sebaiknya kalian cari konter lain, cari aja yang kecil-kecil an. Saya yakin kecil bukan berarti buruk.

Jangan pernah hanya mengganti TC saja. Wajib ganti fullset untuk menghindari kecacatan saat proses pelepasan TC.

Jangan lupa kunjungi terus website itclax untuk mendapatkan informasi yang jelas kebenarannya dan bisa dipertanggung jawabkan.

Sampai Jumpa 😀

1 Komentar

  1. Pingback: Review Keyboard Gaming Rexus Battlefire K9D | IT-CLAX

Tinggalkan Balasan