Maraknya Flash Disk Bajakan di Marketplace, HATI-HATI

Maraknya Flash Disk Bajakan di Marketplace, HATI-HATI

Flash disk atau Flash Drive merupakan tempat penyimpanan data portabel via USB. Penjualan FlashDisk sudah sangat marak terutama di Marketplace. Namun menjadi sebuah fakta bahwa di Marketplace Flash Disk bajakan marak dijual oleh pelapak online.

Baca Juga : Komponen Mesin Jahit Singel Needle Beserta Fungsinya.

Kamu pernah melihat Flash Disk yang dijual di toko online yang memiliki kapasitas besar, namun dijual dengan harga yang sangat murah?

Kemungkinan besar Flash Disk itu merupakan barang bajakan alias KW.

Sebagai pembelu yang cerdas, kita harus bisa mimbedakan, manakah Flash Disk yang bajakan dan yang asli. Dikarenakan Flash Disk bajakan selain berkualitas rendah, juga berbahaya untuk menyimpan data.

Berikut ciri-ciri Flash Disk bajakan yang kebanyakan dijual di Marketplace (seperti:Bukalapak, Tokopedia,dll)

Memiliki Kapasitas Besar Namun Dijual Murah

Mungkinkah jika Flash Disk yang memiliki kapasitas besar (mungkin 100GB) dijual dengan harga 80 ribu kurang? Mungkin sekali jika barang tersebut bajakan. Tehnik penjualan seperti ini mampu menarik pembeli, dikarenakan tehnik jual Flash Disk adalah semakin besar kapasitas dan semakin murah, maka akan cepat laku.

Penjual Selalu Menambahkan Keterangan di Akhir Deskripsi

Agar pembeli tidak melihat keterangan bahwa Flash Disk itu bajakan, maka penjual sengaja menulis keterangan ini di deskripsi yang paling bawah. Biasanya penjual menuliskan “99% ORIGINAL berarti tidak 100% asli”, “99% Original berarti KW”, dll.

Kenapa penjual harus menambahkan tulisan ini? Jika pembeli melaporkan bahwa produk yang dijual terbukti bajakan, maka toko penjual bisa dibekukan. Namun jika sudah diberi keterangan bajakan, walau pembeli melapor bahwa barang bajakan, maka penjual tidak bisa disalahkan karena pembeli yang tidak membaca.

Banyak Feedback Yang Buruk

Jangan terlalu fokus ke feedback seseorang yang memberikan bintang 5. Fokuslah pada pembeli yang memberikan feedback sedikit apalagi bintang 1. Dikarenakan biasanya mereka memberikan feedback yang bisa lebih membantu pembeli mengenai kelemahan produk tersebut.

3 Ciri utama diatas merupakan ciri utama yang harus diperhatikan dalam membeli Flash Disk. Jika kalian masih bingung apakah Flash Disk yang dijual asli atau bajakan, kamu bisa tanyakan langsung pada penjual.

Mereka tidak akan berani berboohong, karena jika terbukti berbohong, lapak mereka di marketplace akan dibekukan.

Semoga dengan apa yang saya sampaikan diatas, bisa membuat teman-teman semua bisa lebih berhati-hati dan bisa memilih Flash Disk yang asli dan membedakan yang bajakan.

1 Komentar

  1. Pingback: Mengatasi Alergi Gatal Akibat Vanili Secara Cepat

Tinggalkan Balasan