Mempercepat Koneksi Download apt-get Menggunakan apt-fast

Mempercepat Koneksi Download apt-get Menggunakan apt-fast

Kamu pengguna Linux berbasis Debian dan Ubuntu? Pastinya kamu pernah mengalami koneksi yang lemot saat melakukan perintah apt-get/apt. Saya akan berikan Tips mempercepat koneksi download apt-get menggunakan apt-fast baik untuk update, upgrade, maupun install.

Baca Juga : Download Phoenix OS ROC V6 via Google Drive dan Yandex

Sebelumnya ada hal yang perlu kita ketahui terlebih dahulu kenapa saat kita test bandwith di speed test up top 20Mbps, namun pada saat melakukan perintah apt-get upgrade maupun install terasa sangat lambat. Biasanya ini terjadi di distro ubuntu terbaru.

 

 

3 Kemungkinan koneksi apt-get lemot

Ada 3 kemungkinan hal ini bisa terjadi, berikut penjelasannya :

Server repositori Membatasi bandwith transfer

Dikarenakan banyaknya user yang mencoba mendownload paket dari repository, tidak menutup kemungkinan bahwa admin server repository membatasi bandwith client per downloadnya agar user lain juga mendapatkan bandwith yang rata.

ISP yang membatasi kecepatan download per file

Dikarenakan banyaknya yang mengakses server repositori dalam satu ISP, kemungkinan ISP telah membatasi bandwith per downloadnya agar tidak mengganggu transfer data client lain. Biasanya masalah ini menjadi solusi karena ISP tidak memakai proxy server untuk menyimpan data file.

Bandwith kamu yang memang lemot

Jika ini merupakan penyebab utama, mau kamu menggunakan apt-fast juga tidak akan meningkatkan kecepatan aptmu. Dikarenakan ISP kamu membatasi bandwith secara total, biasanya jika kamu terkena FUP.

Cara Kerja apt-fast

Cara apt-fast bekerja adalah melakukan multi thread segment downloading, dimana jika kamu hanya menggunakan apt-get biasa, file yang di download hanya menggunakan 1 thread koneksi saja. Jadi multi thread segmennt downloading itu bekerja dengan memecah file yang di download sebanyak yang kamu setting.

Jadi saat kita mendownload 1 file sebenarnya kita mendownload banyak file, dimana banyak file tadi setelah selesai di download semua akan disatukan kembali menjadi satu file.

Bahasa kasarnya, kamu narik gerobak yang tapi cuma make satu tali, dengna apt-fast kamu bisa memanggil teman-teman mu dan setiap temanmu memasang 1 tali dan membantumu menariknya.

Tanpa basa basi mari kita langsung ke cara install dan pemakaiannya.

Cara Install apt-fast di Debian dan Ubuntu Based Distros

Jika kamu menggunakan distro ubuntu terbaru, paket apt-fast sudah terinstall, kamu tinggal mengetikan :

sudo apt-get install apt-fast

Jika paket tidak ditemukan atau kamu ingin versi yang terupdate, silahkan buka terminal kesayangan kalian dan ketikan 3 perintah berikut :

sudo add-apt-repository ppa:saiarcot895/myppa

enter saja jika ditanya

nb: menambah repositori ppa

sudo apt-get update

nb: melakukan update

sudo apt-get install apt-fast

nb: menginstall apt-fast

Saat penginstallan apt-fast kamu akan ditanyai beberapa pertanyaan mengenai konfigurasi, untuk menjawabnya sebagai berikut :

  1. apt-fast 1
    Saat ditanya untuk memilih apt-get atau aptitude, kalian pilih apt-get
  2. apt-fast 2
    Saat ditanya maximum number of connection, kamu isi saja 8 (maksimal yang bsia diisi 32). Saran saya untuk menghindari paket corrupt dan sumber daya cpu yang besar, isilah 8 saja sudah cukup.
  3. apt-fast 3
    Saat ditanya yes atau no, kalian pilih yes saja. Apt-fast ingin menjawab yes secara otomatis saat apt-get memberikan pilihan yes atau no.

Seharusnya apt-fast sudah siap digunakan sekarang.

Jika kamu ingin mengubah konfigurasi yang kamu seting diatas tadi, ckamu cukup mengetikan

sudo dpkg-reconfigure apt-fast

maka kamu nanti akan ditanyai konfigurasinya lagi.

Cara menggunakan apt-fast

Untuk cara penggunaan apt-fast sama seperti penggunaan apt-get jika kamu memilih apt-get saat awal konfigurasi tadi.

Jadi kamu tinggal mengganti perintah apt-get menjadi apt-fast, seperti contoh dibawah ini:

Untuk melakukan Update Paket :

sudo apt-fast update

Untuk meng – Upgrade paket :

sudo apt-fast upgrade

Untuk menginstall paket :

sudo apt-fast namapaket

Misal kita akan menginstall Audacity, maka perintahnya seperti berikut :

sudo apt-fast audacity

Dibalik sisi positif dari penggunaan apt-fast, ada juga sisi negatifnya. Semakin banyak kamu menset maksimum koneksi nya, maka semua bandwith akan digunakan untuk mendownload paket, sehingga aplikasi lain yang mengakses koneksi internet tidak mendapatkan jatah bandwith yang berakitbatnya koneksi sangat lemot.

Contohnya kamu mengunakan apt-fast dengan maksimum koneksi 32 dan sedang melakukan download paket,lalu kamu mencoba browsing menggunakan chrome, kemungkinan besar koneksi di chrome mu akan sangat melemah atau bahkan RTO sampai apt-fast selesai mendownload semua paketnya.

Baiklah cukup sekian, semoga tutorial ini membantu. Sampai Jumpa 😀

Tinggalkan Balasan