Mencari Postingan WordPress Yang Terhapus Permanen

Mencari Postingan WordPress Yang Terhapus Permanen

Pernah ga ngalamin kita susah susah nulis artikel diw wordpress, terus kita backup artikelnya karna mau install ulang wordpress karna suatu hal. Tapi pas kita restore backupan artikel tadi malah gagal. Pasti sedih banget yaa postingan di wordpress hilang. Tapi jangan khawatir ada cara Mencari Postingan WordPress Yang Terhapus Permanen.

 

 

Mengembalikan Salinan Postingan WordPress Dengan Google Cache

Google

Cara pertama yang bisa dilakukanadalah dengan menggunakan cache google. Walaupun semua artikel kita menghilang di wordpress, artikel yang tersimpan di google tidak langsung menghilang.

Akan tetapi Google menyimpan cache atau salinan dari halaman artikel kita do wordpress. Google memang seperti itu, itu juga merupakan kelebihan search engine google.

Untuk mengambil salinan halaman google tersebut kita diharuskan menggunakan UserAgent Desktop. Dimana kita harus menggunakan PC atau laptop. Untuk Android bisa juga dengan menyetel custom User Agent.

Untuk cara melihat salinannya cukup mudah. Kalian hanya perlu mengetikan kata kunci yang akan menampilkan halaman kalian yang terhapus. Lalu kalian pilih gambar segitiga terbalik, lalu pilih cache. Jika kurang jelas lihat gambar dibawah ini.

Mencari Postingan WordPress Yang Terhapus Permanen di Google Cache

Setelah mendapatkan isi konten. Sekarang kalian bisa mempostkan ulang lagi. Aliasnya manual Restore gayn.

 

Mengembalikan Salinan Postingan WordPress Dengan Wayback Machine

Wayback Machine

Cara diatas memang simple. Akan tetapi google hanya akan mencache halaman yang di crawl nya saja. Dan mungkin halaman itu sudah berubah karna kalian mengedit nya atau apa.

Di beberapa kasus juga google sudah mencache nya. Tapi karena halaman kita terlalu lama menghilang maka cache google juga ikut menghilang.

Misal kita sudah backup dan menguninstall wordpress kita, lalu kita aktifkan maintenance mode. Nah hari ini kita tidka sempet merestore konten backupan wordpress kita. Setelah 3 hari kita melakukan maintenance seperti pemilihan tema,dll selesai, dan kita ingin me restore kemudian tiba tiba gagal.

Maka jika kita ingin mendapatkan salinan artikel dari cache google sudah tidak bisa dilakukan lagi. Karena google tidak akan mempertahankan cache untuk halaman 404.

Dalam kondisi seperti ini, kita bisa menggunakan Wayback Machine. Untuk menggunakan Wayback Machine ini kita memerlukan yang URL website kita yang hilang. Misalnya URL website saya –> https://itclax.com/cara-main-free-fire-pemula.html. Lalu saya akan menggunakan Wayback Machine makasaya butuh URLL itu untuk memulihkan halaman yang hilang.

Untuk menggunakan Wayback Machine kalian bisa mengunjungi https://web.archive.org. Kemudian kalian bisa memasukan URL nya.

Setelah itu kalian pilih tanggal dimana situs kalian di crawl. Lalu setelah mendapatkan konten artikel nya, klain bosa mempost ulang.

Namun Wayback machine ini memiliki kelemahan. Yaitu butuh waktu 1 bulan dari semua postingna kita untuk bisa di cache di mesin ini. Oleh karena itu, konten kita yang belum berumur 1 bulan tidak akan tercache di mesin ini.

 

Mencari Postingan WordPress Yang Terhapus Permanen Dengan WordPressApp

Wordpress

Ada 1 cara lagi nih yaitu dengna menggunakan WordPress App Jetpack. Cara ini bisa dilakukan dengan syarat kalian sudah menghubungkan wordpress self hosted kalian dengan wordpress menggunkanan plugin Jetpack.

Artikel yang sudah terhubung dengan wordpress ini akan tercache di aplikasi wordpress dan akan terhapus setelah 3 bulanan. Jadi jika di google cache dan wayback machine konten kalian susdah tidak bisa diselamatkan. Kalian bisa menggunakan cara ini.

Untuk menggunakan cara ini cukup simple. Kita hanya perlu mendownload WordPress App di google play store. Kemudian kita nanti login ke WordPressApp nya mengunakan akun wp yang terhubung ke situs kita yang mau kita cari salinannya melalui plugin jetpack.

Setelah berhasil login kalian cepat ganti situs dengan situs yang mau kalian cari salinannya jika kalian memiliki beberapa situs di 1 akun. Setelah itu kalian klik di tab Stat, kemudian ganti filternya ke tahun. Lalu di bawah nanti akan ada banyak post kalian. Klik saja titik 3 di kanan list nya lalu klik lihat.

Mencari Postingan WordPress Yang Terhapus Permanen dengan Wp App       Mencari Postingan WordPress Yang Terhapus Permanen dengan Wp App

Kalian bisa mencopas cemudian kalian paste kan di txt atau penyunting teks favorit kalian.

Oke cukup sekian yang bisa admin sampaikan pada Tutorial Mengembalikan Halaman atau Pos WordPress Yang Hilang. Semoga Cara Mengembalikan Halaman Atau Isi Post Yang Hilang di WordPress ini bermanfaat.

Jangan lupa subscribe website notifikasi untuk mendapatkan info terbaru.

You may also like...

3 Responses

  1. ashfiatul laila berkata:

    kalau pakai plugin ada ndak mas atau di database

  1. September 11, 2020

    […] Jangan lupa baca juga : Mencari Postingan WordPress Yang Terhapus Permanen […]

  2. September 12, 2020

    […] Baca juga : Mencari Postingan WordPress Yang Terhapus Permanen. […]

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: