Review SMK Negeri 1 Rota Bayat Jurusan Multimedia

Review SMK Negeri 1 Rota Bayat Jurusan Multimedia

Halo teman teman semuaaa. Kali ini aku membuat konten yang berbeda. Biasanya aku membuat konten blogging. Tapi sekarang aku akan me Review SMK Negeri 1 Rota Bayat Jurusan Multimedia.

Sebelumnya pertama aku akan memperkenalkan diriku terlebih dahulu.

Perkenalkan namaku Yuyun Purniawan. Aku kelas 12 MM 2 saat post ini dibuat tanggal 30 november 2018. Sebelumnya aku sekolah di SMKN 2 Klaten alias Senden.

Tapi karena kecelakaan motor aku dipindahkan ke SMKN 2 Rota bayat pada Kelas 1 Semester 2.

Kalo mau tau aku yang sering wifinan di GSG, TU, Lab Multimedia. Duduk sama mitro gaming yang pada nge game PUBG sampe sore. Mereka ngegame aku download :v

Oke sudah cukup perkenalan tentang diriku. Sekarang aku akan mulai membahas dan mereview jurusan Multimedia di SMK Negeri 1 Rota Bayat.

 

 

Teman-teman di jurusan Multimedia SMK N 1 Rota Bayat

Pertama aku akan mereview suasana kelas dan teman temanku. Saat pertama kali memasuki kelas sebagai murid baru. Aku disambut gembira dan pada ngajakin kenalan. Ada salah satu teman main disana untung nya jadi ga asing asing banget.

Tipe-tipe teman sekelasku disana alay, rame, receh ,gembredek :v

Tapi aku merasaka suasana yang berbeda dari yang kurasakan saat di SMKN 2 Klaten jurusan TAV. Aku merasakan teman teman ku disini lebih menganggapku. Tidak seperti di senden dulu, orangnya menurut ku sombong sombong dan juga pilih pilih teman.

 

Baca juga : Cari Komunitas Wibu Otaku di Klaten ? Join Kene Lur.

 

Guru-guru Produktif Multimedia SMK N 1 Rota Bayat

Saat aku pindah kesana ternyata ada guru yang juga baru disana. Dia bernama Sutarna a.k.a glwarrs (setiap buat akun dinamain glwarrs) guru jaringan.

Dan saat aku pindah ke rota ada juga guru yang pergi. Namanya pak edo. Aku belom kenal sama guru satu ini.

Baiklah selanjutnya di SMK Negeri 1 Rota Bayat aku akan mereview guru produktif multimedia berikut :

 

Pak Sutarna (glwarrs)

2 tahun di SMK N 1 Rota Bayat. Pak tarna mengajarku di mata pelajaran Jaringan, Linux,  Citra digital, Sistem Komputer, apa lagi lupa.

Dalam 2 tahun diajarnya, kami hanya menulis materi terus. Yaa dari pendapat pendapat temen pak tarna ini guru yang ngebosenin karna nulis terus. Maklum lah baru sekali jadi guru dan dia sering kecapean bangun jaringan sendiri di sekolah.

Bisa dibilang pak tarna ini lah yang mengontrol semua koneksi di SMK N 1 Rota Bayat. Oleh karena itulah setiap siswa siswa mengetahui password hotspot mikrotik langsung di ganti sama pak Tarna ini. Ketika murid bertanya password ke pak Tarna, pasti jawabnya gak tahu.

Pak Tarna juga sering ngajak buat installasi komputer jaringan di sekolah. Yang diajak gak jauh jauh dari Aku, Alfy, Krisna. 2 Tahun setiap tengah semester suruh bantu bantu dibayar uang kadang dibayar nasi padang wkwkwk.

Yaa walaupun di dalam pelajaran pak Tarna emang ngebosenin cuma nulis terus. Tapi diluar pelajaran banyak ilmu yang kupelajari dari pak Tarna ini terutama jaringan dan SysAdmin Linux.

 

Pak Novita Pamungkas

Pak Novi di SMK N 1 Rota merupakan guru favorit di jurusan Multimedia. Karena pelajarannya yang interaktif dan juga gak sepaneng kaya pak Tarna.

Pak Novi selain sebagai guru. Dia juga memilki kafe yang bernama Tugi Steak.

Pak Novi juga sering memberikan jam bebas. Maksudnya jam bebas ini tidak seperti jam kosong. Pak Novi memberikan tugas untuk latihan otodidak sendiri sendiri dan sharing sharing sendiri.

Pak Novi ini sifatnya lucu sama ndagel. Setiap pelajarannya pasti banyak ketawa nya. Dia mengajar mata pelajaran yang berhubungan sama Video, Graphic Design, dan Audio Editing.

Pak Novi ini memiliki keunikan tersendiri. Walaupun dia jarang ngajarin tutorial tutorial dan hanya sekedar materi dan tugas praktek. Tapi karya karya video editingnya pak Novi ini bisa membuat motivasi diri untuk belajar editing itu bangkit.

Sebelumnya aku gak minat di Multimedia ini. Tapi karena melihat hasi hasil karya pak Novi ini. Membuat motivasi ku untuk belajar Multimedia editing pun keluar. Akhirnya aku menguasai berbagai aspek multimedia dengan software seperti :

  • Adobe Premier Pro
  • After Effect
  • Adobe Audition
  • Audacity
  • FL Studio
  • Dll dengan Mahir dan tentunya otodidak dari Motivasi tadi.

 

Pak Andris Aan Setiawan

Pak Andris ini hanya mengajarku selama setengah tahun saja. Lalu dia memutuskan untuk bekerja sebagai freelancer. Ada gosip dari temen temen juga pak Andris berhenti jadi guru karena ada salahsatu guru di rota yang membencinya.

Walaupun hanya mengajar setengah tahun saja. Metode pengajaran pak Andris ini bisa dikatakan sangat efektif dibandingkan semua guru di SMK Negeri 1 Rota Bayat yang pernah mengajarku.

Kenapa bisa Begitu ? Karna pak andris ini di mata Siswa-Siswi itu seperti teman sendiri. Ada salah satu temen ku yang dia ini bisa dikatakan udah kaya kakak adik sama pak Andris ini.

Hanya diajarnya kurang dari setengah tahun saja aku sudah bisa menguasai Corel Draw dan Hardware Hardening dengan baik. Normalnya jika guru lain yang mengajar ku mungkin butuh waktu lebih dari 1 tahun.

Pak Andris juga merupakan guru yang mengajaku untuk melakukan installasi jaringan dan komputer pertama kali. Tanpa dia mungkin sampai saat ini aku gak akan pernah diajak pak novi sama pak tarna installasi jaringan komputer di SMK N 1 Rota Bayat.

 

Bu Dwi dan Bu Nur

Kenapa aku mereview 2 guru sekaligus ?

Karena Bu Dwi dan Bu Nur ini hampir tidak memiliki perbedaan saat mengajar dan berkomunikasi. Dua duanya mempunyai sifat tegas. Dimana fix tanpa toleransi jika melanggar aturan dan perjanjian tugas.

Untuk cara mengajar mereka. Mereka selalu seimbang. Dimana setengah teori setengah praktek.

Dan untuk tugas tugas sendiri. Bu Dwi dan Bu Nur adalah guru yang memberikan tugas yang paling berat dibandingkan Pak Novi dan Pak Tarna.

Bu Nur yang suka memberi tugas membuat laporan, animasi, proyek, Mencatat lengkap, dll.

Sedangkan bu Dwi suka memberi tugas yang kompleks-kompleks seperti Animasi Flash, Menggambar, Laporan, web coding, Xampp server, dll.

Intinya untuk pelajaran Expert Bu Dwi dan Bu Nur ini lah tempatnya hehe 😀

 

Peralatan Produktif Multimedia SMK N 1 Rota Bayat

Bisa dikatakan peralatan multimedia di SMK N 1 Rota Bayat sangat lengkap sekali. Hampir semuanya peralatan basic ada di sini. Seperti :

  • Camera HDMI
  • Camera DLSR
  • Komputer Render Spek Tinggi
  • Mikrotik Router Board
  • Tripod
  • Mic
  • Lightning
  • Green Screen
  • Printer
  • Drone
  • Dll

Hanya pemanfaatannya saja yang kurang maksimal. Karna siswa-siswi nya yang memang kurang tertarik dengan itu semua. Kecuali yang memang tujuan nya sekolah di SMK Negeri 1 Rota Bayat Jurusan Multimedia untuk belajar dan praktek Multimedia.

Untuk ruangannya SMK N 1 Rota Bayat jurusan Multimedia memiliki 3 Laboratorium Komputer dan juga Studio.

SMK N 1 Rota Bayat juga memiliki UP atau Unit Produksi di dekat masjid. Yang melayani printer, desain, cetak, dll yang berhubungan dengan multimedia.

 

Oke sekian dari kontenku yang mereview jurusan Multimedia di SMK Negeri 1 Rota Bayat. Semoga bermanfaat. Kalau ada salah kata mohon maaf lur. Beginilah orang yang kerjanya ngeblog apa aja ditulis.

Jika kalian ingin mendalami Multimedia bergabunglah dengan kami di SMK N 1 Rota Bayat.

Tinggalkan Balasan