Tahun 2038 Banyak Komputer Mendadak Rusak (Y2K38)

Tahun 2038 Banyak Komputer Mendadak Rusak (Y2K38)

Pernahkah terbayang bagaimana jika banyak komputer yang ada di dunia ini mendadak secara serentak rusak? Bayangan tersebut bisa saja benar dan akan terjadi pada tahun 2038, tepatnya 19 Januari 2038. Peristiwa yang akan datang tersebut dinamai Y2K38 problem dimana sistem perhitungan waktu UNIX akan mengalami eror atau disebut “unix time error”.

Years 2038 Problem (Y2K38) populer pada tahun 2000 dikarenakan munculnya berita mengenai John Titor yang kembali ke masa lalu pada tahun 1975 untuk mengambil PC IBM5100 guna untuk mengatasi masalah ini. Untuk lebih jelasnya kalian bisa baca : John Titor, Mesin Waktu dan Bocoran Masa Depan Darinya.

Penyebab Y2K38

Masalah Unix Time Error terjadi karena disebabkan penuhnya penyimpanan atau storage unix time stamp yang hanya memiliki ukuran penyimpanan sebesar 32 bit atau 32 angka biner.

Tentu hanya dengan kalimat diatas kalian yang awam tidak akan mengerti, karena itu akan saya jelaskan pelan-pelan dibawah.

Pada setiap perangkat berbasis komputer memiliki sebuah fitur sistem(embed system) yang bernama UNIX timestamp yang berfungsi untuk menyimpan waktu dalam format UTC dan di simpan dan kode biner sebanyak 32 bit.

dibawah ini merupakan simulasi angka biner yang perhitungan waktu nya sudah mencapai batas pada tahun 2038 :

Y2K38 Problem Simulation

Penjelasan mengenai Unix Timestamp adalah semisal laptop kita baterai kita copot dan saat dinyalakan tidak ada koneksi internet, tapi waktu tetap berjalan dan menunjukan angka yang tepat.

Akibat Dari Y2K38 Problem

Setelah UNIX timestamp telah melewati batas, ada beberapa sumber bahwa perangkat tidak bisa digunakan dengan sempurna, sama sekali tidak bisa digunakan karena mungkin akan menyebabkan matinya komponen, atau hanya waktu timestamp yang ter reset.

Klarifikasi

Saya tidak tahu kejelasannya mengenai efek pada perangkat, dikarenakan minimnya informasi yang bisa saya dapatkan.

Hal tersebut tidak hanya akan di alami oleh PC berbasis sistem 32 bit saja. Bahkan android dengan sistem 32 bit juga akan terkena dampak dari masalah tersebut, terlebih banyak juga orang indonesia terutama orang tua yang masih menggunakan smartphone dan perusahaan yang masih menggunakan PC jadul untuk kasir.

Sebelum hal itu terjadi, beberapa tahun yang lalu para vendor telah berjuang untuk menemukan solusinya, yaitu dengan dibuatnya sistem 64 bit dan mengintegrasikannya ke perangkat buatan mereka.

Dan sekarang rata-rata perangkat sudah menggunakan sistem 64 bit. Walaupun masih ada saja yang menginstall OS berbasis 32 bit terutama untuk orang Indonesia.

Salah satu dampak dari masalah berikut adalah berbondong-bondongnya distro linux untuk menghentikan dukungan untuk sistem 32 bit, contohnya ubuntu.

INFO UNIK 

Namun sistem 64 bit tidak sepenuhnya memecahkan masalah, hanya memperpanjang timbulnya masalah ini 2 milyar tahun kedepan, jadi masih lama masalah ini muncul lagi hehehe.

3 Komentar

  1. Pingback: 5 Anime Thriller Terbaik Versi IT-CLAX Yang Wajib Kamu Tonton

  2. Pingback: Komponen Mesin Jahit Singel Needle Beserta Fungsinya

  3. Pingback: Penjelasan Sistem Bilangan Biner, Desimal, Oktal, dan Heksaadesimal

Tinggalkan Balasan